Selasa, 16 Agustus 2011

Aplikasi Ampuh Penangkal Virus Ramnit

Jakarta - Pada saat ini sudah banyak beredar tools yang dapat digunakan untuk membasmi Ramnit, tetapi tidak untuk membuat komputer kebal terhadap Ramnit. Inilah salah satu aplikasi tersebut.

Beragam cara bisa dilakukan untuk memberantas virus Ramnit, seperti menggunakan antivirus tertentu atau melakukan beberapa langkah pada link berikut.

Dengan bantuan aplikasi khusus yang digarap oleh Vaksincom, Anda dapat membuat komputer kebal Ramnit meskipun sistem operasi belum dipatch dari celah keamanan yang di ekspolitasi oleh Ramnit. 

Namun ada satu hal yang menjengkelkan dari Ramnit, yakni menyangkut web server yang mengandung file htm atau html. Seperti kita ketahui, salah satu metode penyebaran Ramnit adalah menginjeksi file htm / html yang bertujuan menyebarkan dirinya melalui file yang dibuka oleh browser komputer korbannya. 

Jadi jika ia berhasil menginjeksi webserver, maka siapapun yang mengakses webserver tersebut akan bisa terinfeksi dengan hanya membuka file htm / html di webserver tersebut. Lebih kasihan lagi jika Anda webmaster atau webdesigner yang banyak sekali berurusan dengan file htm atau html. 

Sekali komputer /server terinfeksi Ramnit maka semua file htm dan html akan di injeksi oleh Ramnit dan kabar buruknya adalah sampai saat ini semua program antivirus akan menghapus atau paling tidak mengkarantina file tersebut.

Padahal sebenarnya file htm dan html tersebut masih bisa dibersihkan sehingga tidak perlu memulai dari awal lagi. Sekali lagi Vaksincom bekerjasama dengan programmer asal Jogja, Yayat membuatkan tools bertajuk Chanet Splitter II untuk menyelamatkan file htm dan html yang bisa diunduh secara gratis pada melalui situs vaksincom.



Chanet Splitter II
Mungkin anda masih ingat dengan virus Kespo, dimana virus ini mempunyai kemampuan untuk menginjeksi file Ms Office yang mempunyai ekstensi .doc dan .xls. Pada waktu itu banyak antivirus lokal berlomba-lomba untuk membuat tools yang dapat memperbaiki file yang sudah di injeksi oleh Kespo salah satunya adalah Tools CHANAL SPLITTER hasil karya bung Yayat dari Yogya.

Kini seiring dengan munculnya Ramnit, dia kembali membuat tools dengan nama CHANET SPLITTER II yang digunakan untuk memperbaiki file HTM/HTML yang sudah terinfeksi Ramnit. Tools ini dapat mencari file HTM/HTML dengan cepat pada Drive/folder yang sudah kita tentukan sebelumnya serta memperbaikinya sehingga file tersebut dapat digunakan kembali tanpa menghapusnya.

Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh CHANET SPLITTER II adalah :

1.Gratis
2.Mampu mencari dan mematikan proses Ramnit yang aktif di memori secara otomatis pada saat CHANET SPLITTER di jalankan
3.Mampu memperbaiki registri yang diubah oleh virus
4.Mampu menghapus file induk Ramnit
5.Proteksi PC agar kebal dari Ramnit
6.Proteksi agar Ramnit tidak membuat file virus ke USB Flash 
7.Mencari dan memperbaiki file HTM/HTML yang terinfeksi Ramnit


Catatan:
1.Putuskan hubungan komputer dari jaringan guna mencegah infeksi ulang.

2.Jika komputer anda masih terinfeksi Ramnit, gunakan terlebih dahulu Norman Ramnit Cleaner untuk menghentikan semua proses Ramnit yang aktif di komputer anda dan membersihkan file .exe dan .dll yang di injeksi Ramnit. Kemudian scan Full HDD termasuk Removable Media (USB Flash/HDD Eksternal) dengan menggunakan antivirus yang terupdate untuk membersihkan file EXE/DLL yang sudah terinfeksi.

3.Gunakan tools Chanet Splitter II jika anda ingin membuat komputer anda kebal dari Ramnit dengan satu tombol. Selain dapat memperbaiki file HTM/HTML, Chanet Splitter II juga mempunyai kemampuan untuk proteksi agar komputer kebal dari virus Ramnit. 

4.Tools yang Kami sertakan ini HANYA digunakan untuk memperbaiki file HTM/HTML yang telah terinfeksi Ramnit saja. Untuk membersihkan file EXE/DLL yang sudah terinfeksi Ramnit silahkan gunakan Norman Ramnit Cleaner.
 
5.Sangat disarankan untuk instal security patch Windows (MS10-046 KB2286198)
 
Penulis, Adang Juhar Taufik merupakan Senior Antivirus dari Vaksincom

Tips Mencegah Baterai Laptop Meledak

Kejadian laptop meledak sudah sering terjadi. Untuk mendegah agar baterai laptop tidak meledak dan menimbulkan kerugian, hal-hal yang harus anda perhatikan sebagai berikut:

1. Jika baterai melemah dan masa operasinya berkurang drastis, lebih baik anda langsung membeli baterai baru. Jangan coba-coba memperbaiki baterai yang sudah rusak untuk dipakai kembali.

2. Selalu pastikan anda memakai baterai yang asli dari penjual resmi. Jika baterai asli saja banyak yang meledak, apalagi dengan baterai palsu.

3. Jangan mengisi ulang baterai anda lebih dari 8 jam. Mengisi ulang baterai terlalu lama beresiko menimbulkan ledakan.

4. Jika baterai sudah penuh saat diisi ulang, pilih salah satu saja, memakai daya listrik atau baterai saat anda ingin menggunakan laptop.

5. Pakailah charger pengisi ulang yang kompatibel dengan baterai anda. Charger yang tidak sesuai akan meningkatkan resiko overheating (terlalu panas).

6. Jangan letakkan laptop di area yang sangat panas, misalnya di bagasi mobil atau di bawah terik matahari.

7. Selalu ikuti perkembangan berita teknologi, misalnya di situs berita online. Biasanya, jika terjadi masalah pada baterai laptop, vendor laptop tersebut akan melakukan penarikan besar-besaran. Jika kebetulan laptop anda bermasalah, anda bisa mengikuti prosedur yang sudah ditentukan,. misalnya penukaran baterai.









http://techno.okezone.com/



Membuat Password yang Kuat

detail berita
Membuat sebuah pasword ternyata gampang-gampang susah. Symantec menganjurkan agar sebuah password dibentuk dengan memperhatikan faktor rumit namun mudah diingat.

Bahkan University of Wyoming menyarankan agar pengguna internet memperlakukan sebuah password layaknya pakaian dalam yang dimiliki yaitu,

1. Sesering mungkin diganti/diubah
2. Semakin panjang maka semakin baik
3. Jangan dibiarkan terbuka begitu saja
4. Jangan dibagi/dipinjamkan ke orang lain
5. Pertahankan agar tetap misterius.

Selain itu, berikut beberapa tips dari Symantec terkait pembuatan sebuah paswword.

1. Jangan gunakan kode yang mudah ditebak seperti nama pribadi, nama hewan peliharaan atau nama keluarga, maupun tanggal lahir.
2. Gunakan password berbeda untuk akun yang berbeda, atau setidaknya beberapa password.
3. Gunakan perpaduan angka, huruf, pungtuasi dan simbol
4. Gunakan kata atau kalimat yang cukup berarti sehingga mudah diingat dengan memperhatikan ketentuan nomor 1.
5. Ganti beberapa karakter di password anda dengan huruf atau simbol.
6. Semakin panjang maka password akan semakin kukat dan sulit direka.
7. Hindari menggunakan password dengan informasi personal, pengulangan kata, berurutan, atau kata yang berasal dari kamus. (srn)









http://techno.okezone.com/

Tips Menghemat Baterai di Ponsel Android

detail berita


Mempunyai smartphone idaman kini bisa didapatkan berkat kehadiran sistem operasi Android. Ya, OS berbasis open source ini membuat hampir semua perangkat dengan berbagai harga bisa disematkan dengan OS, dan berlabel 'Smartphone'.

Namun, terkadang kendalanya adalah smartphone berbeda dengan ponsel fitur yang semarak dengan beragam aplikasi. Sehingga kebutuhan ponsel pun tak sekedar lagi menjadi untuk berkomunikasi saja dengan panggilan atau sms.

Banyaknya aplikasi yang hilir masuk ke perangkat genggam Android ini, terkadang membuat ponsel ini menjadi mudah lemah. Pemakaian daya yang berlebihan dan 'mubazir' menjadikan baterai handset Android cepat habis.

Berikut tips sederhana agar baterai Anda dapat bertahan lama, yang okezone rangkum dari berbagai sumber.

1. Matikan aplikasi yang tidak digunakan lagi.
Ponsel ini memang mempunyai fungsi multitasking, sehingga pengguna dapat menjalankan satu aplikasi ke aplikasi lainnya tanpa harus mematikan aplikasi sebelumnya. Di satu sisi memang bagus, namun jeleknya aplikasi yang masih berjalan ini juga memakan energi, meski tidak digunakan.

Untuk melakukan ini, pengguna bisa melakukannya secara manual dengan mematikannya satu-satu. Namun, Anda juga bisa menggunakan aplikasi seperti 'Advanced Task Killer' untuk mematikan, atau menyortir aplikasi mana yang ingin 'dibunuh'.

Selain itu, ada aplikasi lain bernama 'Battery dry to Save Battery'. Aplikasi ini jauh lebih komplit, karena juga memberikan informasi tambahan aplikasi mana saja yang memakan energi besar.

2. Mengurangi kecerahan layar
Anda tidak perlu resolusi pencahayaan yang besar saat siang atau berada di luar ruangan. Jadi, layar di perangkat Anda bisa dikurangi untuk menghemat baterai.

Caranya cukup mudah, masuk ke menu 'setting', lalu pilih 'display, setelah itu pengguna bisa mengatur kontras warna dan rasio kecerahaan.

3. Matikan live wallpaper
Ponsel Android memang sangat keren bila muncul dengan walpaper yang bisa bergerak-gerak. Akan tetapi, sayangnya ini cukup menguras tenaga bagi baterai handsetnya. Ada baiknya Anda cukup mengganti walpaper biasa, untuk mengemat baterai.

4. Mobile network
Komputer dalam genggaman memang disematkan untuk ponsel Android ini, karena kemampuannya untuk menjelajah dunia maya sangat mengagumkan. Tapi bila Anda sedang tidak dalam keadaan online, ada baiknya memang jaringan mobile dimatikan untuk menghemat kondisi.

Caranya, masuk ke menu setting, lalu pilih Wireless and network, setelah itu baru pilih mobile network, kemudian pilih fungsi 'off'.

*Tips ini digunakan di Android versi 2.2 (Froyo) keatas. Okezone melakukan ujicoba dengan Desire S (2.3)
 (tyo)









http://techno.okezone.com/

Minggu, 14 Agustus 2011

Baojun Yuan, Master Photoshop Tertua di Dunia

Baojun Yuan, Kakek berusia 76 tahun, belajar Photoshop saat usia 60 tahun. Dan dalam waktu 16 tahun terakhir ini telah memperbaiki lebih dari 2000 foto rusak dan melakukannya semuanya secara gratis.


Ni orangnya gan...



Berikut beberapa hasil kreasi Baojun Yuan :















http://www.kaskus.us/

Jumat, 12 Agustus 2011

Takashi Tokita, Sang Maestro "Game" Final Fantasy



KOMPAS.com — Takashi Tokita, produser sekaligus Senior Manager Mobile Business Division Square Enix, datang ke Indonesia. Lelaki yang telah berkecimpung di industri game Jepang selama 27 tahun ini terkenal karena membuat sebuah game yang melegenda, Final Fantasy. Kedatangannya ke Indonesia untuk memberikan kuliah umum seputar perkembangan industrimobile game sekaligus memublikasikan kompetisi game untuk platform Android yang diselenggarakan oleh Square Enix (Jepang) dan Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi Indonesia.
Takashi Tokita lahir di Jepang, 24 Januari 1965. Ia memulai kariernya di industri game sebagai pekerja paruh waktu sekaligus pegawai training di perusahaan bioskop. Tahun 1983, ia bergabung dengan Nintendo Entertainment System (NES) dan bekerja sebagai desainer grafis untuk membangun game. Selain itu, ia juga bekerja paruh waktu di majalah dan Square (saat ini menjadi Square Enix) sebagai desainer grafis.

Dalam dunia desainer grafis, proyek yang telah dibuatnya adalah Alien2, Dragon Guest atau Dragon Warrior, Final Fantasy, Hanjuku Hero, dan Makai-toshi SaGa. Namun, yang paling membuatnya dikenal banyak orang adalah Final Fantasy (FF). Ia masih bekerja paruh waktuuntuk membuat efek suara di FF 1, 2, dan 3. Ia juga merupakan perancang utama untuk tiga judul FF tersebut. Sejak FF 4, Tokita memilih fokus bekerja di Square pada 1991. FF 4 adalah standar baku untuk semua sekuel FF sehingga Tokita memutuskan untuk fokus memegang proyek sekuelnya. Tahun 2003, Square merger dengan perusahaan Enix dan hingga kini perusahaan tersebut dikenal dengan nama Square Enix.
Dalam karier sebagai produser, ia telah memproduseri Hanjuku Hero untuk tiga judul, juga membuat game-game dengan teknologi dua dimensi dan tiga dimensi. Tahun 2006, ia menjadi produser untuk Nanashi No Game. Untuk proyek FF "The 4 Heroes of Light" dan FF Legend (untuk ponsel), ia terjun langsung sebagai direktur. Proyek terakhirnya adalah FF4 Complete Collection (untuk PSP). Kini, ia memegang divisi mobile business di Square Enix dan telah menyiapkan lima proyek untuk platform smartphone. Ke depan, khusus untuk platform Android, ia menyiapkan kerja sama dengan game developer dari Indonesia dengan mengadakan kompetisigame.


Tokita telah datang ke Indonesia, dan tempat yang pertama kali dikunjungi adalah Bandung, menyusul kemudian Jakarta dan Yogyakarta. Seusai memberikan kuliah umum di Institut Teknologi Bandung (ITB), Selasa (9/8/2011), Tokita memberi kesempatan kepada wartawan untuk melakukan tanya jawab. Berikut hasil tanya jawab yang disusun Kompas.com.
Anda telah 27 tahun berkecimpung di industri game. Apa pendapat Anda tentang gameitu sendiri?
Game bagi saya adalah tempat yang sangat luas untuk berkomunikasi, komunikasi antara game developer dengan gamer, juga antara gamer dengan gamer lain. Kita bisa berkumpul di satu dunia khayalan yang menyenangkan, lalu bertemu di dunia nyata seperti sekarang, karena ketertarikan yang sama.
Bagaimana caranya membangun sebuah game yang matang dan tidak membosankan untuk gamer?
Sebelum membuat game, pikirkan dulu konsep game yang tidak terbatas, konsep game yang tidak memiliki tenggat. Buat konsep yang matang tentang genre game, target gamer, teknologi yang digunakan, dan tim yang akan membangunnya. Diperlukan kolaborasi yang solid antara artis, desainer grafis, penulis skrip, produser, dan direktur game itu sendiri. Jangan lupa, efek suara juga sangat penting.
Square Enix merupakan tim yang terbukti telah menghasilkan game terkenal di Jepang. Namun, apakah Anda menyadari bahwa Anda lebih terkenal daripada anggota tim yang lain? Menurut Anda, mengapa hal tersebut bisa terjadi?
Mungkin karena saya sudah mencoba semua pekerjaan di dalam tim sehingga saya lebih dikenal, baik di dalam tim maupun di luar tim. Saya sudah pernah mengurusi efek suara, menjadi desainer grafis, menulis cerita, bahkan menjadi produser dan direktur proyek. Semua pernah saya kuasai dan jalankan.
Apa proyek terbaru Anda saat ini?
Saat ini saya sedang memimpin lima proyek untuk smartphone. Proyek pertama adalah membuat fitur porting versi ponsel untuk FF Legends. Proyek kedua adalah game dengan konten yang full music. Proyek ketiga adalah game petualangan dengan gaya retro. Proyek keempat adalah gameyang betul-betul baru dengan format seperti buku elektronik. Proyek kelima adalah cultivation game dengan sentuhan komik, termasuk fitur SF.
Mengapa Anda beralih ke platform smartphone?
Saya melihat perkembangan industri smartphone cukup pesat. Saat ini orang lebih banyak menggunakan ponsel dibandingkan dengan PC, terutama karena smartphone sudah bisa menggantikan PC untuk aktivitas mobile sehingga kebutuhan akan smartphone meningkat.
Selama ini sasaran gamer Square Enix adalah hardcore gamer (PC). Mengapa sekarang Anda membuat game untuk casual gamer (smartphone)? Apakah untuk memperluas pasargamer yang dimiliki Square Enix saja atau untuk memindahkan kebiasaan hard core gamer menjadi casual gamer?
Square Enix tidak ingin memindahkan kebiasaan hardcore gamer menjadi casual gamer. Kami hanya mengikuti tren perkembangan smartphone di dunia dan mencoba beradaptasi dengan membuat game-game di ponsel untuk para casual gamer.
Bagaimana pendapat Anda tentang perkembangan industri mobile game ke depan?
Industri mobile game akan berkembang pesat dan Square Enix berencana memasukkan konten-konten pendidikan ke dalam mobile game.
Bagaimana pendapat Tokita tentang kompetitor?
Saya tidak pernah khawatir dengan kompetisi dan kompetitor, ini sebuah tantangan untuk saya.
Bagaimana pendapat Tokita tentang perkembangan industri game di Indonesia?
Industri game di Indonesia akan berkembang pesat, terutama pada platform mobile game. Dengan pembelian smartphone yang tinggi di Indonesia, bisnis game di Indonesia seharusnya bisa lebih berkembang. Banyak orang kreatif yang belum memiliki perusahaan harus dirangkul oleh perusahaan besar agar game mereka bisa dikembangkan.
Tokita telah mengunjungi satu studio animasi dan satu studio game di Bandung. Bagaimana pendapat Tokita setelah melakukan kunjungan tersebut?
Saya jadi teringat masa-masa muda saya 20 tahunan yang lalu, saat saya mulai masuk ke industri game. Saya punya rumah kecil dengan tim kecil yang sangat bersemangat.
Square Enix akan mengadakan kompetisi game di Indonesia. Pemenangnya akan dikontrak eksklusif oleh Square Enix. Mengapa Square Enix memilih Indonesia?
Indonesia memiliki populasi yang besar, memiliki angka penjualan smartphone yang meningkat pesat. Kami sebagai perusahaan yang telah established dan ingin memproduksi game baru untuk platform android, menganggap Indonesia akan jadi pangsa pasar yang bagus untuk game baru kami setelah Jepang. Kami mengadakan kompetisi ini di Indonesia agar pangsa pasar yang besar itu dilayani oleh game developer dari Indonesia sendiri. Mereka tentu lebih tahu selera pasar, konsep dan teknologi yang tepat untuk digunakan di negara ini.
Selain kontrak eksklusif, mungkinkah tim dari Indonesia tersebut bisa bergabung ke dalam perusahaan Square Enix di Jepang?
Kemungkinan selalu ada, selama mereka bisa beradaptasi dan berkolaborasi dengan kami.
***
Berikut adalah game-game yang telah dipublikasikan sepanjang karir Takashi Tokita di industri game (diurutkan berdasarkan tahun):
  • Rad Racer II (1990) - Sound effects
  • Final Fantasy III (1990) - Sound effects
  • Final Fantasy IV (1991) - Lead designer
  • Live A Live (1994) - Director, scenario writer, event design
  • Chrono Trigger (1995) - Director
  • DynamiTracer (1996) - Producer
  • Final Fantasy VII (1997) - Event planning
  • Parasite Eve (1998) - Director, story.
  • Parasite Eve II (1999) - Special adviser
  • Chocobo Racing (1999) - Director
  • The Bouncer (2000) - Director, dramatisation
  • Hanjuku Eiyuu Tai 3D (2003) - Producer, director
  • Egg Monster Hero (2004) - Producer, director
  • Hanjuku Eiyuu 4 (2005) - Producer, director
  • Final Fantasy I & II: Dawn of Souls (2005) - Producer, design
  • Final Fantasy IV Advance (2005) - Supervisor
  • Musashi: Samurai Legend (2005) - Producer
  • Final Fantasy IV (Nintendo DS remake, 2007) - Executive producer, director
  • Final Fantasy IV: The After Years (2008) - Producer
  • Nanashi no Game (2008) - Producer
  • Final Fantasy: The 4 Heroes of Light (2009) - Director
  • Dissidia 012: Final Fantasy (2011) - Special thanks






BBM-an Tanpa Blackberry?

Headline

INILAH.COM, Jakarta - Blackberry Messenger akan punya saingan berat. Dengan aplikasi Facebook Messenger, Anda bisa BBM-an tanpa harus punya Blackberry.
Facebook meluncurkan aplikasi baru untuk iOS dan Android. Aplikasi ini bernama Messenger. Seperti Blackberry Messenger, aplikasi ini dapat mengirim dan menerima pesan ke teman-teman Facebook melalui perangkat iOS dan Android.
Diberitakan DigitalTrends, Messenger adalah hasil kerja sama Facebook dengan produsen aplikasi Beluga.
Dengan aplikasi ini, Anda bisa “BBM-an” tanpa Blackberry, atau chatting ramai-ramai ke grup pertemanan dengan menampilkan informasi lokasi. Sarana ini akan mempermudah Anda untuk mengumpulkan teman-teman dan mengadakan kegiatan bersama.
Di Messenger, pesan akan dikirim ke perangkat smartphone. Jadi tidak semudah mengirim pesan ke akun Facebook. Tapi jika ponsel teman Anda tidak menginstal aplikasi ini, maka pesannya akan terkirim dalam bentuk SMS, yang bisa dibalas dalam bentuk SMS juga, atau pesan Facebook. Jadi kalau mengirim foto, pesannya akan berbentuk MMS.
Layanan semacam ini bukan hal baru. Pionirnya adalah Blackberry dengan BBM-nya, yang kemudian diikuti Apple dengan iMessage, dan juga Google dengan sarana Hoodle.
Kalau Anda biasa chatting di Facebook, aplikasi Messenger melengkapi dan memperluas cara Anda berkomunikasi. [mor]





Selasa, 09 Agustus 2011

'Aji Kanuragan' untuk Menghadapi Ancaman Ramnit


Jakarta - Paruh pertama tahun 2011 adalah milik Ramnit, Ramnit menduduki peringkat pertama sampai bulan Juni 2011 sebagai malware yang paling banyak menginfeksi komputer-komputer di Indonesia berdasarkan data yang diolah oleh laboratorium virus Vaksincom (lihat gambar 1).

Sampai saat ini sudah banyak varian yang dihasilkan oleh virus Ramnit walaupun demikian virus ini mempunyai ciri-ciri, karakteristik dan aksi yang sama, nama file induknya pun tidak mengalami perubahan dengan tetap menggunakan nama file WaterMark.exe.

Vaksincom
Gambar 1. Statistik penyebaran virus Ramnit Semester I (Juni 2011), sumber : Data Research Vaksincom 2011

Media Penyebaran

Untuk menyebarkan dirinya, Ramnit akan memanfaatkan berbagai media seperti:


  • USB Flash, dengan membuat file :

    • autorun.inf
    • Copy of Shortcut to (1).lnk
    • Copy of Shortcut to (4).lnk 
  • Membuat file virus di folder RECYCLER dengan ekstensi .CPL dan EXE serta menginfeksi file aplikasi (EXE), DLL dan HTM/HTML.
  • Mengeksploitasi celah keamanan Windows MS10-046 KB2286198 http://www.microsoft.com/technet/security/bulletin/ms10-046.mspx
  • Internet, penyebaran Ramnit melalui internet dapat terjadi jika user mengakses file htm atau html dari webserver yang sudah diinjeksi oleh Ramnit.
  • Jaringan (LAN/WAN) dengan cara menginjeksi file EXE/DLL/HTM/HTML pada folder/drive yang di share.

Target Infeksi

Pada saat Ramnit menginfeksi komputer ia akan mencari dan menginfeksi file yang mempunyai ekstensi EXE, DLL dan HTM/HTML disemua drive termasuk removable media. Hal yang menarik di sini adalah Ramnit mempunyai kemampuan untuk menyisipkan kode virus pada setiap file HTM/HTML yang ditemui.

Pada saat korbannya membuka file HTM/HTML yang sudah terinfeksi secara otomatis Ramnit akan membuat sebuah file dengan nama “svchost.exe” di folder [C:\Documents and Settings\%UsernamePC%\Local Settings\Temp]. Setelah berhasil membuat file “svchost.exe”, ramnit akan menjalankan file tersebut sehingga akan terbentuk file baru dengan nama “svchostmgr.exe” di lokasi yang sama, kemudian akan membuat file “WaterMark.exe” sebagai file induk di lokasi yang sudah ditentukan.

File “WaterMark.exe” ini untuk beberapa saat akan aktif di memory dan kemudian akan mendompleng ke proses “Svchost.exe” Windows, sehingga proses yang tampil di memory bukan file “WaterMark.exe” melainkan “Svchost.exe” yang akan aktif dengan menggunakan username %userPC% (%userPC%, adalah user account yang digunakan pada saat login Windows). (lihat gambar 2 dan 3)


Vaksincom
Gambar 2. Proses virus Ramnit yang menumpang pada proses [svchost.exe] Windows dan injeksi file


Vaksincom
Gambar 3. Proses svchost Windows yang melindungi Ramnit

Dengan kemampuan menginjeksi file HTM/HTML (lihat gambar 4 dan 5), akan mempermudah dalam upaya untuk menyebarkan dirinya terutama jika Ramnit sudah menginfeksi Web Server, sehingga pada saat user mengakses halaman web yang sudah terinfeksi maka komputer korban akan langsung terinfeksi oleh Ramnit.

Vaksincom
Gambar 4. Injeksi Ramnit di file htm / html

Vaksincom
Gambar 5. Injeksi ini mengandung eksekusi dan file master Ramnit sendiri

Jika korbannya mengeksekusi file EXE yang sudah terinfeksi oleh Ramnit, maka akan muncul satu file baru dengan menambahkan string MGR setelah nama file (lihat gambar 6).

Vaksincom
Gambar 6. Contoh file yang sudah terinfeksi virus dan file duplikat virus

Bersatu Kita Teguh, Bercerai Teman Damaikan

Ibarat kata pepatah iklan rokok, Bersatu Kita Teguh Bercerai Teman Damaikan. Pada saat komputer sudah terinfeksi Ramnit, ia akan mengundang teman-temannya seperti Virut atau Sality yang mempunyai kemampuan untuk menginfeksi file aplikasi (EXE), sehingga dalam satu file aplikasi (EXE) sering dijumpai terinfeksi lebih dari satu virus selain Ramnit (contoh: Sality atau Ramnit), jika hal ini terjadi maka anda akan teringat pada pepatah lain. Sudah jatuh, tertimpa tangga dan celana sobek lagi.

LANGKAH PENCEGAHAN

Bagaimana membuat PC anda kebal terhadap serangan Ramnit?
Dari hasil analisa lab Vaksincom, saat ini virus Ramnit “selalu” menggunakan file induk dengan nama yang sama yakni “WaterMark.exe” walaupun lokasi penyimpanan nya berbeda-beda tergantung varian yang menginfeksi komputer tersebut serta membuat file “Explorermgr.exe” yang berada di direktori [C:\Windows], file “Explorermgr.exe” ini tercipta jika Ramnit berhasil menginfeksi file “Explorer.exe”.

Agar komputer Anda tidak menjadi korban keganasan Ramnit, berikut beberapa tips dan trik agar komputer kebal dari serangan Ramnit.

1.Buat folder dummy (folder kosong) dengan nama “WaterMark.exe” dan “svchost.exe” di lokasi yang biasa di incar oleh virus, kemudian ubah attribut file tersebut menjadi Hidden, System dan Read Only. Langkah ini dilakukan agar Ramnit tidak bisa membuat file induk virus di lokasi yang sama.

2.Buat file “Recycler” disetiap drive, kemudian ubah attribut menjadi Hidden, System dan Read Only. Langkah ini dilakukan agar Ramnit tidak dapat membuat file induk (berupa ekstensi EXE dan CPL) kedalam file RECYCLER. dikarenakan RECYCLER ini berupa file (bukan berupa FOLDER) maka Ramnit tidak akan dapat membuat file virus di lokasi tersebut.

3.Buat 2 (dua) key registry di lokasi berikut :
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Image File Execution Options (lihat gambar 7)
Key : Explorermgr.exe dan WaterMark.exe
String value : Debugger
Type : REG_SZ
Data value : ntsd –d


Vaksincom
Gambar 7. String registry untuk blok Ramnit agar tidak dapat aktif di komputer

Langkah ini dilakukan, agar script/kode virus yang ada pada file virus Ramnit tidak dapat di eksekusi, sehingga Ramnit tidak dapat aktif di memory.


Kanuragan untuk USB Flash

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, Ramnit juga akan menyebarkan dirinya dengan memanfaatkan media USB Flash dengan membuat beberapa file virus, berikut tips dan trik agar Ramnit tidak dapat membuat file induk kedalam Media USB Flash

1.Khusus untuk file dengan ekstensi EXE/DLL/HTM/HTML sebaiknya di kompres dengan menggunakan program WinZIP/WinRAR agar virus tidak menginfeksi file tersebut, jika perlu gunakan password.

2.Buat folder kosong dengan nama [autorun.inf]. Agar folder [autorun.inf] tidak dihapus oleh virus buat folder kosong di dalam folder [autorun.inf] dengan karakter yang tidak dikenal oleh Windows seperti CON dan NUL. Jika folder [autorun.inf] tersebut di hapus akan terjadi kegagalan dengan menampilkan pesan error. Sebaiknya ubah atribut menjadi Hidden, System dan Read Only (lihat gambar 8 dan 9)


Vaksincom
Gambar 8. Membuat file autorun.inf


Vaksincom
Gambar 9. Pesan error saat menghapus file autorun.inf

3.Buat folder kosong dengan nama “Copy of Shortcut to (1).lnk”, “Copy of Shortcut to (2).lnk”, “Copy of Shortcut to (3).lnk” dan “Copy of Shortcut to (4).lnk”, kemudian ubah atribut menjadi Hidden, System dan Read Only.

4.Buat file “Recycler”, kemudian ubah atribut menjadi Hidden, System dan Read Only.

5.Buat folder kosong dengan nama MSO.SYS, kemudian ubah atribut menjadi Hidden, System dan Read Only.
















http://www.detikinet.com/

6 Cara Amankan Ponsel Pintar




Jakarta - Semakin canggih sebuah ponsel ternyata butuh usaha ekstra untuk memperlakukannya. Berikut 6 cara mengamankan ponsel pintar Anda agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan yang dikutip detikINET dari F-Secure, Senin (8/8/2011).

1. Update OS
Vendor biasanya akan mengeluarkan update dari sistem operasi yang digunakan smartphone keluarannya secara berkala. Jika ada tawaran seperti ini sebaiknya diambil. Sebab sebuah update sistem biasanya akan hadir dengan sejumlah perbaikan atau menambal celah (bugs) di sistem sebelumnya.

Update OS juga seringkali dipermanis dengan kehadiran fitur-fitur baru. Namun awas, Anda patut hati-hati jika melakukan update, jika ceroboh bisa saja ponsel itucrash.

2. Software Keamanan
Saking canggihnya, perangkat genggam kini diibaratkan layaknya komputer mini. Seperti komputer pula, tak sedikit program jahat yang mengincar alat komunikasi ini.

Jadi jika Anda seringkali menyimpan file-file penting atau seringkali menggunakan ponsel untuk melakukan transaksi keuangan, sepertinya sangat direkomendasikan untuk menginstal aplikasi keamanan untuk jaga-jaga.

3. Jangan Asal Mengklik
Aksi pencurian informasi (phising) dapat pula terjadi melalui aksi browsing sembarangan di ponsel. Modus yang digunakan pelaku biasanya dengan menyebar link-link aneh yang telah dipersiapkan program jahat di belakangnya untuk mengelabui korban. Data yang bisa dicuri mulai dari username dan password email hingga informasi kartu kredit.

Cara sederhana untuk memastikan situs itu aman atau tidak adalah dengan melihat alamat URL-nya. Pastikan situs tersebut diawali dengan tulisan 'https', bukan 'http'. Standar 'https' ini mutlak digunakan untuk situs-situs perbankan.

Artinya, jika situs bank kesayangan Anda untuk bertransaksi bukan diawali dengan 'https' (tidak ada huruf 's'-nya) sebaiknya jangan memasukkan username atau password apapun, dan hindari untuk bertransaksi di sana.

4. Aplikasi dari Sumber Terpercaya
Jangan mudah terperdaya dengan tawaran aplikasi menggoda, apalagi dari sumber atau pembuat yang tidak terpercaya. Pasalnya, bisa-bisa developer yang jahil menyuntikkan program jahat di dalam aplikasi tersebut.

Langkah mudahnya adalah, jika Anda menginginkan aplikasi Facebook, ya tinggal mencarinya dari situs Facebook. Begitu juga dengan aplikasi-aplikasi lainnya, lebih baik mendownloadnya dari situs resmi mereka.

5. Waspadai WiFi Gratisan
Akses WiFi kini sudah dengan mudahnya ditemui di tempat publik. Lantaran gratis dan berada di tempat terbuka, tentunya keamanannya jadi sangat riskan. Artinya Anda harus meminimalisir aktivitas browsing, jika mau aman.

Terlebih melakukan transaksi dan belanja online, bisa saja orang di sekitar Anda tengah mengawasi dan tanpa diketahui menyusup di tengah-tengah transaksi tersebut.

6. Awasi Aplikasi
Beberapa aplikasi biasanya meminta akses data pribadi Anda. Sebagai pengguna, tak ada salahnya Anda waspada sebab data tersebut takut disalahgunakan. Jika mau memberikan, kirim seminimal mungkin. Dan jika dianggap berlebihan, sebaiknya uninstal aplikasi tersebut.















http://www.detikinet.com/

Siap-siap Upacara 17-an Digital

Headline


INILAH.COM, Jakarta - Upacara digital akan digelar lagi. Indonesia Optimis mulai membuka lowongan petugas upacara.
Sekarang sudah bulan Agustus. Tanggal 17 adalah hari kemerdekaan Indonesia. Karena bertepatan dengan puasa, agaknya melelahkan, ya, kalau harus berpanas-panas upacara di lapangan. Tapi upacara yang satu ini dijamin tidak akan membuat Anda kepanasan, karena bisa diikuti secara virtual, namun tak kalah sakral.
Sejak beberapa hari lalu, akun @id_optimis atau Indonesia Optimis, mengumumkan bahwa upacara digital akan diselenggarakan lagi. Seperti tahun lalu, upacara ini bisa diikuti lewat situs www.indonesiaoptimis.org.
Saat ini, situs itu sedang mencari petugas upacara, yakni 3 pengibar bendera, 1 pembaca naskah Proklamasi, 1 pembaca naskah UUD'45, 1 pembaca naskah Pancasila, 1 pembaca naskah doa nasional, dan 1 dirigen paduan suara. Posisi-posisi ini terbuka bagi siapapun yang ingin ikut berpartisipasi.
“Mari berpartisispasi mjd petugas #upacaradigital pas #17annanti. Kesempatan ini terbuka buat siapapun, yg penting orang Indonesia!” demikian dikutip dari twit-nya.
Untuk jadi petugas, syaratnya, harus mention @id_optimis,pilih tugas (tagar petugas), dan alasan mengapa Anda layak jadi petugas. Tertarik?




Bocah 10 Tahun Bongkar Celah di iPhone dan Android


Jakarta - Apa yang dilakukan anak ini memang tergolong luar biasa. Lantaran kesal bermain game yang terlalu lama, ia mengekplotasi sistem pada iOS dan Android untuk mencari 'jalan pintas' memainkan game tersebut.

Bocah dengan inisial CyFi itu tidak menyebutkan secara spesifik game apa yang ia maksud. Hal ini sengaja ia lakukan agar pembesut game berbasis cocok tanam itu segera memperbaiki celah yang telah ditemukan.

Dalam presentasinya di ajang konfrensi hacker bertajuk DefCon, di Las Vegas, Amerika Serikat, CyFi mengklaim teknik ekploitasi yang ia temukan bisa diterapkan untuk semua jenis game serupa di ponsel iPhone atau Android.

"Permainan ini membutuhkan waktu lama, jadi saya pikir mengapa saya tidak mengubah waktu saja," ujar CyFi, seperti dikutip detikINET dari cnet, Selasa (9/8/2011).

Dari ide sederhana itu, CyFi akhirnya menemukan sebuah aplikasi yang ia sebut 'A Traveler of Both Time and Space', yakni sebuah aplikasi yang bisa memanipulasi waktu pada sistem berbasis iOS dan Android.

"Dengan mengendalikan waktu Anda dapat melakukan banyak hal, seperti mengembangkan labu secara instan. Ingin bermain game? Mari kita main di hari tanpa waktu!", tambah bocah yang tidak ingin disebutkan identitas aslinya itu.















http://www.detikinet.com/

Sabtu, 06 Agustus 2011

Ahli Special Effects Film Hollywood Asal Indonesia

Penggemar film atau bukan, hampir semua orang mengenali judul film-film box office, seperti Iron Man. Transformer, Terminator Salvation dan Star Trek. Tapi tahukah Anda bahwa salah satu yang ikut "bertanggung jawab" atas kecanggihan special effects film-film tersebut adalah seorang anak muda asli Indonesia? Dialah Andre Surya.
Nama Andre muncul di kredit film Iron Man, Star Trek, Terminator Salvation, Transformers: Revenge of the Fallen, dan Iron Man 2, sebagai Digital Artist. Dia juga terlibat dalam pengerjaan film Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull, Surrogates, dan Transformers: Revenge of the Fallen.
Pria kelahiran Jakarta, 1 Oktober 1984 ini adalah satu-satunya digital artist asal Indonesia di divisi Industrial Light and Magic (ILM) Lucasfilm Singapore. Lucasfilm sendiri adalah salah satu production company tersukses di dunia, yang didirikan tahun 1971 oleh George Lucas, sutradara Star Wars.

Digital artist mengerjakan banyak hal, seperti modelling, layout, lighting, dan compositing. Modelling adalah proses pembuatan model, seperti mobil, robot, dan sebagainya. Layout adalah proses matching camera CG (computer graphics) dengan background aslinya. Lighting adalah proses kreatif agar 3D yang di-produce agar terlihat menarik dan menyatu dengan background aslinya dalam scope posisi cahaya. Sedangkan compositing adalah proses penyatuan semua elemen yang ada.

Di dalam sebuah film, rata-rata ada lebih dari 70 orang digital artist, terutama bila film itu skala besar, seperti Iron Man 2. Andre bekerja dalam tim yang masing-masing punya skill dan role sendiri.

Andre lahir dan dibesarkan di Jakarta. Ia hobi main bola dan punya ketertarikan di bidang 3D.
Ketertarikannya dengan 3D membawanya kuliah di Universitas Tarumanegara (Untar), mengambil jurusan Desain Komunikasi Visual. Andre dapat kesempatan untuk kerja di Polaris 3D, sebuah perusahaan advertising and architectural visualization di Jakarta.

Andre memutuskan untuk terus bekerja dan tidak melanjutkan studinya di Untar. Dia kuliah di Untar hanya satu tahun, terus melanjutkan ke Kanada untuk mengambil diploma di bidang Film and Special Effects di Vanarts, sebuah sekolah film di Vancouver. Sebagian besar pengetahuan dan keterampilan 3D-nya justru dipelajarinya sendiri tanpa training dan sekolah. Andre sudah mulai mempelajari computer graphic sejak kelas 1 SMA.

Andre tertarik bidang 3D karena hobi. Ia suka banget mengerjakan 3D dan memang ingin bekerja di industri film. Buat Andre ini adalah pekerjaan impiannya. Sewaktu masih kuliah, terkadang ia mengkhayal bagaimana rasanya mengerjakan visual effects untuk sebuah film besar dan melihat nama kita muncul di credit title film itu. Sekarang semuanya sudah benar-benar terwujud. Baginya, it's simply a dream come true!

Ceritanya sampai bekerja di Lucasfilm cukup panjang dan tidak mudah. Sejak wawancara pertama sampai akhirnya diterima kerja di Lucasfilm itu membutuhkan waktu sekitar 6 bulan. Awalnya Andre wawancara di Ottawa, Kanada, lalu wawancara lewat telepon oleh Lucasfilm Singapore, lalu ada wawancara kedua, dan baru setelah itu ia dikabari kalau ia diterima.
Andre melamar di Lucasfilm US setelah lulus sekolah. Namun, dikarenakan visa kerja US cukup sulit dan mereka membuka studio di Singapore maka ia ditransfer ke sana. Ada beberapa orang Indonesia yang kerja di Lucasfilm Singapore, terutama di bidang IT, games, dan TV series, tapi di bidang Visual effects untuk feature film (ILM), artistnya sekarang ini hanya Andre satu-satunya yang orang Indonesia.

Andre paling suka lighting, dan merasa bahwa itulah keterampilan terbaik miliknya. Proyek feature film pertamanya adalah Iron Man. Film itu juga yang dianggap sebagai batu loncatannya. Di situ Andre mengerjakan bagian lighting saat Iron Man terbang pertama kali. Adapun film yang pernah dikerjakan dan paling berkesan adalah Transformers: Revenge of the Fallen, karena sebagian besar tugasnya di proyek itu adalah mengerjakan lighting. Film favoritnya saat ini adalah Avatar. Menurutnya, secara teknologi, film itu paling oke. Suatu hari nanti ia ingin bisa terlibat dalam proyeknya James Cameron.

Andre beberapa kali memenangkan penghargaan, baik lokal maupun internasional. Contohnya, gambarnya yang berjudul Somewhere in the Sky pernah ditampilkan di CGOVERDRIVE, konferensi Computer Graphic terbesar di Asia. Gambar itu juga memenangkan Excellence Award di buku Elemental 2 terbitan Ballistic Publishing dan Best Artwork Awards di Indocg Showoff Book, sebuah buku kumpulan CG art Indonesia. Gambarnya yang berjudul City of Enhasa juga memenangkan juara satu di Future World Contest di www.3dkingdom.org

Ketika ditanya tentang kemungkinan pembuat film Indonesia membuat film 3D dengan kualitas baik ia menjawab dengan yakin: bisa. Andre kenal beberapa orang Indonesia yang sangat berbakat dan memiliki keterampilan atau skill yang bertaraf international. Mereka bekerja di perusahaan-perusahaan besar di bidang 3D di luar negeri. Kalau saja mereka semua balik ke Indonesia dan membuka satu perusahaan dengan kualitas standard international, dengan bakat dan skill yang mereka punya, ia merasa sangat memungkinkan bila Indonesia menghasilkan film-film dengan kualitas standar international.















sumber:http://haxims.blogspot.com/2011/07/ahli-special-effect-film-hollywood-ini.html

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes