Jumat, 24 Februari 2012

Keren, KTM UGM Bisa Jadi Tiket Trans Jogja!

Foto: ugm.ac.id

YOGYAKARTA - Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) sekaligus sebagai kartu ATM adalah hal yang biasa. Namun, jika kartu mahasiswa dapat digunakan untuk naik bus, mungkin baru pertama kalinya terjadi. 

Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta memberlakukan kartu mahasiswa yang juga dapat digunakan sebagai tiket naik bus Trans Jogja.

Selain lebih murah, program tersebut juga bertujuan mengurangi polisi udara akibat banyaknya kendaraan bermotor yang digunakan mahasiswa. 

Dengan menunjukkan kartu mahasiswa, para mahasiswa UGM dapat naik bus Trans Jogja untuk semua rute dan jurusan di wilayah Yogyakarta. Sebelum menaiki bus, para petugas yang berjaga di halte Trans Jogja akan menyensor kartu mahasiswa UGM. Kemudian, pada layar akan keluar nama mahasiswa yang bersangkutan. 

Agar kartu mahasiswa ini berfungsi sebagai tiket bus, para mahasiswa UGM harus mengisinya dengan akun sebesar Rp100 ribu. Jumlah tersebut cukup sebagai ongkos bus Trans Jogja selama satu bulan. 

"Nominal tersebut sangat murah, karena tarif bus Trans Jogja dengan trayek ke kampus UGM adalah Rp3 ribu untuk sekali jalan," kata salah satu mahasiswa UGM Bima Vesida, Kamis (29/12/2011). 

Selain tidak dibatasi waktu, kartu mahasiswa ini dapat digunakan kapan saja, termasuk pada hari libur.

Sekadar informasi, Yogyakarta merupakan kota pertama yang memberlakukan sistem ini. Program kartu mahasiswa sebagai kartu tiket bus nantinya juga akan dilakukan di wilayah lain. 

Rektor UGM Soejarwadi menyatakan, pemberlakukan sistem ini tidak hanya untuk menyukseskan program angkutan umum untuk publik, tetapi juga untuk mengurangi polisi udara.

"Saya harap program ini dapat membuat semua mahasiswa UGM tidak menggunakan kendaraan bermotor, serta mengurangi kesenjangan ekonomi antarmahasiswa di kampus UGM," ujar rektor.(Gunanto/Sindo TV/rfa)




http://kampus.okezone.com/

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes